Sabtu, 24 Agustus 2013

Membersihkan Sodet dan Peralatan Dapur Lainnya

Filled under:

Sumber : About Houseware

Sering memasak Rendang atau masakan berbau santan lainnya? Atau masakan lain yang menyisakan noda/kerak di peralatan dapur Anda? Tentu susah menghilangkannya bukan?
Berikut ini tips-tips untuk membersihkan peralatan dapur, tak hanya sodet, juga peralatan dapur lainnya.
Set sodet isi 7 pcs
(oden-houseware.com)

Cara merawat sodet dan peralatan lain yang terbuat dari kayu agar tidak berbau dan berjamur :
1. Rendam selama 1 malam penuh peralatan tersebut ke dalam air yang telah diberi cuka. Cuci dengan air bersih lalu keringkan.
2. Oleskan beberapa tetes minyak sayur pada permukaan alat dapur, gosok dengan spon, cuci menggunakan sabun, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

Cara merawat sodet dan peralatan lain yang terbuat dari stainless/alumunium yang berkerak atau amis dan sulit dibersihkan :
Masukkan peralatan tersebut ke dalam rebusan air panas yang telah ditambahkan 1 sendok teh baking soda
Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan lagi dengan spons kawat.
Bila lemak atau bau amis masih menempel, gosoklah peralatan makan tersebut dengan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10-15 menit. Lalu cuci bersih menggunakan sabun.

Tambahan :
Setelah selesai mencuci piring, jangan biarkan spons cuci yang sudah digunakan terendam dalam larutan sabun cuci dalam waktu yang lama, karena bakteri dari sisa makanan bebas berkembang biak. Keringkan dan cuci bersih spons setelah dipakai.

Untuk menghilangkan bau apek dari toples yang lama tidak terpakai, bakarlah beberapa lembar kertas, lalu masukkan abunya yang sudah dingin ke dalam toples. Tutuplah toples selama sekitar 5 menit, lalu cuci, bersihkan dan keringkan dengan cara dijemur.


Semangat berbagi! (^_^

Posted By syarief oden09.00

Kamis, 22 Agustus 2013

Fungsi Rice Cooker Selain Memasak Nasi

Filled under:

Rice cooker pada dasarnya berfungsi sebagai alat memasak nasi dan menghangatkan makanan. Ternyata, ada fungsi lain yang jarang orang mengetahuinya. Apakah itu? Simaklah artikel berikut yang saya ambil dari Kompasianacom
------
Rice cooker
(oden-houseware.com)

Penulis : Dian Equanti

Tips ini saya dapat dari penjual soto langganan. Pasangan suami istri muda ini baru setahun membuka usaha di pinggir Jalan Kapten Mulyadi Solo.

Percakapan antara pedagang dan pembeli langganan biasanya dimulai dengan perkenalan. Lalu dimulailah obrolan tentang pemasak nasi itu.

"Di kos nggak pernah masak Mbak?", tanya Mbak Yuni

"Nggak, Mbak. Dapurnya numpang ma yang punya kos. Nggak enak."

"Pake rice cooker dong, Mbak.. Kan tinggal colok aja."

"Malas masaknya, Mbak Yuni. Beli berasnya dulu...airnya mesti pake air galon juga. Air ledeng gak bagus. (Ya’ saya.. terus aja cari alasan.)"

"Saya dulu merantau, Mbak Dian. Di Jakarta, Bogor juga pernah. Di Jakarta gak betah, harga-harga makanan mahal, gaji kecil. Nyoba ke Bogor. Nungguin villa. Di Gunung Salak...itu yang kemarin pesawat jatuh."

“Wah.. merinding ya Mbak, pas liat TV”.

“Iya, kan rasanya.. wah, saya pernah di situ dulu..”

Mbak Yuni terus bercerita kisah hidupnya selama merantau, “Di Bogor sama aja, makanan kan sama harganya kayak Jakarta. Gaji cuma 500 ribu. Buat rumah tangga, 500 ribu buat apa? Memang si beras dikasih. Tapi masa’ kita kerja cuma buat makan terus.”

“Hahaha…iya ya.. Bener Mbak Yuni. Kerja kok buat makan aja ya.. Kan pengennya kita pengennya kerja bisa nabung juga, “ tambah saya.

“Kalau saya kayak mbak merantau sendiri, makan bisa seadanya aja. Kalau dengan keluarga kan gak bisa gitu. Saya, suami dengan anak. Ya gitu, masak segala macam pake rice cooker. Masak nasi, goreng telur..”

“Hahaha… baru denger Mbak. Emang bisa goreng telur pake rice cooker?”

“Bisa. Mau masak mie instan juga tinggal masukin aja mie nya di rice cooker. Masak sop tinggal cemplungin aja semua. Goreng kerupuk juga bisa. Kalau mau goreng kerupuk minyaknya yang banyak..” (Udah mirip sales rice cooker.. Hehe)

“Ooh hahaha… ada-ada aja ni Mbak Yuni.. Gimana caranya?,” tanya saya penasaran mirip prospek pembeli mulai terpengaruh.

“Kan kalau sudah masak, pengatur cook-nya turun (tanda lampu berubah menjadi warm), nah itu diganjal pake kertas biar gak turun”

“Oo.. gitu. Lucu juga bisa segala macem ternyata ya rice cooker itu. Boleh juga ntar dicoba.” (… kalau nyoba di rumah siap-siap diomelin Ibu hehe).

“Gak enak mbak kerja ikut orang itu. Ya udah, saya pulang buka warung. Tadinya jual mie ayam. Laris si, tapi kok banyak yang tanya nasi. Akhirnya saya jualan nasi deh ma soto. Ni resep mertua saya dari Jawa Timur. Kebanyakan soto yang lain kan bening dan kurang berasa bumbunya, saya juga gak suka soto kayak gitu mbak. Punya saya kan beda”.  Ni mbak tetap aja promosi, meskipun itu memang alasan saya selalu kembali.

Berhubung soto dan mendoan sudah ludes disantap, obrolan kami akhiri, tak lupa membayar. Sambil tersenyum saya mengingat tips fungsi rice cooker tadi.

Posted By syarief oden09.55

Senin, 19 Agustus 2013

Merawat Mixer

Filled under:

Mixer adalah alat elektronik yang digunakan untuk mengaduk bahan makanan di dalam mangkok. Alat pengaduk dijalankan oleh motor universal melalui transmisi roda gigi. Mixer mempunyai beberapa kecepatan yang dapat diatur, seperti : kecepatan rendah, sedang dan tinggi, melalui saklar pengatur yang berfungsi sebagai pengatur tegangan yang masuk pada motor.
Hand Mixer
(oden-houseware.com)

Motor
Kerusakan pada motor mixer ini dapat disebabkan karena :

  1. Tegangan yang dipakai tidak sesuai dengan tegangan kerja peralatan, sehingga motor kemungkinan akan terbakar
  2. Adanya bagian yang hubung-singkat pada lilitan motor
  3. Terjadi keausan pada sikat motor, yang dapat menimbulkan percikan bunga api

Gantilah sikat arang/gear yang baru sesuai dengan ukuran dan tipe yang aslinya.

Roda Gigi
Roda gigi terletak di atas pengaduk dan ditahan oleh klem plat. Untuk melepas roda gigi, harus membuka bautnya terlebih dahulu. Roda gigi harus sering diperiksa apakah aus atau giginya ada yang patah. Gigi yang patah dapat menyebabkan suara yang keras atau dapat menyebabkan pengaduk berhenti berputar. Bila giginya telah aus gantilah kedua roda gigi tersebut dengan yang baru dengan memberi silicon sebelum memasang kembali. Roda gigi harus ditandai dengan titik atau tanda panah agar dapat menempatkan kembali dengan benar. Jika roda gigi telah terpasang, putar poros motor dengan tangan sampai roda gigi berputar dengan halus dan arah yang benar.

Pengaduk
Pengaduk dapat berputar karena diputar oleh motor. Bila pengaduk bengkok atau rusak maka tidak dapat direparasi. Jalan keluarnya adalah mengganti dengan yang baru yang sesuai tipenya.

Kipas
Kipas dipasang dekat motor, bila mixer bersuara keras atau bergetar berlebihan, maka baling-baling kipas kemungkinan bengkok. Luruskan kembali seperti semula dengan tang. Jika pembengkokan tidak memungkinkan atau beberapa baling-baling telah bengkok, maka lebih baik diganti dengan yang baru yang cocok dengannya. Kipas ditempatkan pada posisinya oleh klem penjepit di atas poros. Buka sekrup klem penjepit untuk melepas kipas.

Sakelar
Sakelar terletak di atas rumah mixer. Bila motor tidak berputar dan permasalahan tidak terjadi pada kabel penghubung maka kemungkinan kerusakan terjadi pada sakelar. Kekurangan tenaga pada saat mixer berputar dengan kecepatan rendah, juga dapat menyebabkan kerusakan pada sakelar. Periksalah sambungan-sambungan sakelar apakah tersambung dengan kuat dan kontak-kontaknya bersih. Jika kontak kotor atau korosi, gosoklah dengan ampelas halus, lalu dengan kain lunak. Kencangkan baut pada terminal.

Kabel Penghubung
Kerusakan kabel penghubung, hal ini disebabkan karena kelalaian dalam pemakaian dan perawatan. Periksa apakah kabel tersebut putus atau tidak dengan ohm meter (AVO meter) dan periksa apakah ada isolasi kabel yang terkelupas. Bila putus atau rusak, sebaiknya ganti dengan kabel penghubung yang baru.

Perawatan Mixer

Sebelum melakukan sesuatu terhadap mixer, lepaskan stop kontak dari sumber tegangan untuk menghindari keseterum listrik. Perawatan terhadap mixer dengan jalan membersihkan dan melumasi komponen-komponennya yaitu :

Pelumasan motor
Mixer mempunyai lubang minyak di atas motor. Lumasi masing-masing lubang dengan 2 atau 3 tetes minyak setiap 2 atau 3 bulan, atau lebih jika mixer sering digunakan.

Pembersihan sisa makanan yang menempel pada mixer
Bersihkan sisa-sisa bahan makanan yang menempel pada motor dengan kain lunak. Jangan menggunakan kertas penggosokan atau ampelas.

Pembersihan bantalan-bantalan
Setiap tahun sekali, bersihkan dan lumasi bantalan-bantalan tersebut dengan minyak mesin jahit.

Pembersihan roda gigi
Setiap 12-18 bulan, bukalah plat penjepit roda gigi dan bersihkan roda gigi tersebut. Kemudian lumasi dengan pelumas silikon.

Sumber : http://abumaimunah.wordpress.com/

Posted By syarief oden09.46