Selasa, 30 Juli 2013

Menghilangkan Komedo dengan Air Perasan Jeruk

Filled under:


Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang umum dirasakan oleh banyak orang. Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit dan biasanya seringkali terdapat di hidung.

Perasan jeruk
(oden-houseware.com)

Ada berbagai cara untuk mengobati jerawat. Salah satunya dengan memakai perasan jeruk lemon. Lemon dapat digunakan sebagai 'scrub' wajah, lapor Boldsky.

Caranya, campurkan gula pasir dengan perasan jeruk lemon. Pulaskan pada area hidung sambil dipijat lembut lalu bilas dengan air dingin.

Cara lainnya ialah dengan menggunakan irisan jeruk lemon yang diusapkan di sekitar hidung yang terdapat komedonya. Usap dengan lembut sekitar tiga sampai empat menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini dua kali sehari, bila Anda memiliki komedo dalam jumlah banyak.

Selain itu, campuran antara sari jeruk lemon dengan putih telur dapat menjadi masker wajah untuk menghilangkan komedo. Campurkan beberapa tetes sari jeruk lemon dengan satu sendok putih telur. Lalu balurkan pada wajah dan biarkan mengering. Saat sudah terasa kering dan keras, bersihkan wajah Anda dan basuh dengan air dingin.

Selamat mencoba


Sumber : Vemalecom

Posted By syarief oden10.03

Senin, 29 Juli 2013

Memilih Alat Penggorengan

Filled under:

Alat untuk menggoreng yang biasa disebut wajan atau kuali terdiri dari bermacam jenis, bentuk umumnya bulat cekung dan mempunyai dua kuping pegangan di pinggirannya. Ukurannya bermacam-macam, mulai garis tengah 10cm sampai 100cm. Bahannya juga bermacam-macam. Sebelum ke toko membelinya, mari kita kenali dulu beberapa jenis penggorengan di bawah ini.
  • Wajan dari besi, warnanya hitam, kuat dan berat. Wajan ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Karena ia terbuat dari besi, maka seringkali cepat berkarat jika tidak dirawat dengan tepat. Biasanya lengket jika dipakai menggoreng ikan.
  • Wajan dari besi berlapis email. Wajan jenis ini baik digunakan untuk menggoreng ikan. Lapisan email membuat wajan ini mudah dibersihkan. Tapi lapisannya tidak larut dalam masakan. Hanya bila dipakai pada masakan tertentu akan lengket dan gosong.
  • Wajan aluminum, warnanya putih karena terbuat dari aluminium. Kita harus memilih wajan yang lebih tebal supaya lebih tahan lama dan lebih cepat panas. Tidak baik untuk memasak makanan yang mengandung asam karena aluminium akan larut dalam asam yang dipanaskan. Cara membersihkannya dengan sabun atau abu gosok, sambil ditekan kuat menggunakan serabut baja (steel wool).
Kuali alumunium
(oden-houseware.com)
  • Gerabah (wajan dari tanah liat), tidak dianjurkan menggoreng dengan minyak di wajan jenis ini. Sebaiknya digunakan untuk menyangrai atau memasak.
  • Besi antikarat (stainles steel) wajan ini bentuknya ada yang seperti panci, biasanya digunakan untuk menggoreng kentang atau masakan yang berlapis tepung. Berhati-hatilah memakai wajan ini karena mudah mengalirkan panas dan masakan mudah gosong dan sering lengket.
    Wajan besi/stailess steel
    (oden-houseware.com)

  • Besi lapis teflon, wajan ini aman dipakai selama lapisan teflonnya masih melekat. Gunakan sendok yang tidak menggores melukai lapisan teflon, sebab bisa sudah tergores lapisan selanjutnya mudah lepas/larut pada masakan. Untuk mencucinya pakailah karet busa atau bahan yang halus.
Wajan berlapis teflon
(oden-houseware.com)


Sumber : Dian Rakyat

Posted By syarief oden09.33

Sabtu, 27 Juli 2013

Ampas Parutan Kelapa Bisa Tangkal Kromium

Filled under:

JAKARTA - Santan kelapa kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan makanan. Sayangnya, ampas parutan kelapa yang telah diambil sarinya itu hanya dibuang begitu saja atau digunakan untuk campuran pakan ternak.
Parutan stainless
(oden-houseware.com)
Melihat hal tersebut, dua mahasiswa program studi (prodi) Kimia Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) hadir dengan solusi berbeda. Raden Wahid Hanafi dan Nenny Widiani memanfaatkan ampas parutan kelapa sebagai adsorben ion logam berat Cr(III) atau kromium.

Menurut Wahid, ion logam Cr(III) merupakan logam berbahaya bagi kesehatan. Ion logam Cr(III) banyak dihasilkan dari limbah buangan hasil industri electroplating dan penyamakan kulit. Ion logam Cr(III) tidak dapat dicerna oleh tubuh dan bila masuk dalam tubuh manusia pada jumlah tertentu dapat menimbulkan penyakit berbahaya.

"Upaya pengendalian limbah logam berat Cr(III) ini sudah banyak dilakukan. Berbagai adsorben telah dimanfaatkan untuk mengurangi kandungan Cr(III) dalam limbah, namun hasilnya belum memuaskan. Sehingga masih diperlukan adsorben dari bahan atau material baru seperti ampas kelapa," ujar Wahid, seperti dikutip dari situs UNY, Rabu (19/6/2013).

Tahap pembuatan adsorben serbuk ampas kelapa, lanjutnya, dibagi menjadi dua tahap. Pertama, pembuatan arang ampas kelapa menggunakan metode sangrai, kemudian pengayakan arang ampas kelapa dengan menggunakan ayakan 50 mesh.

"Ampas kelapa digunakan sebagai adsorben karena mengandung selulola, manan, dan galaktomanan. Pada selulosa dan galaktomanan terdapat situs aktif yang mampu mengikat ion logam berat. Selain itu, ampas kelapa mempunyai pori-pori yang dapat menjebak ion logam berat," jelasnya.

Setelah pembuatan arang dengan memanfaatkan ampas kelapa, maka tahapan selanjutnya yakni menyerap logam berat Cr(III) dengan arang tersebut. Berdasarkan penelitian tersebut, ampas kelapa yang dibuat menjadi arang dapat digunakan secara efektif untuk mengadsorpsi ion logam berat Cr(III) pada konsentrasi 100 ppm dengan konsentrasi Cr(III) terserap sebesar 94,046 ppm dan daya serapnya sebesar 2,351 mg/g.
(mrg)

Posted By syarief oden08.58

Jumat, 26 Juli 2013

Tips Jitu Siapkan Api Panggangan

Filled under:

108CSR.com - Memanggang pasti sangat memerlukan api guna menghasilkan pembakaran, sebagian di antaran kita terbiasa memakai koran untuk membesarkan api di arang. Cara ini ternyata keliru.

Anda bisa memakai arang kayu, arang kelapa, bahkan gas untuk menghasilkan api. Sebagian orang percaya, untuk mendapatkan rasa yang nikmat, ada baiknya memakai arang.
magic roaster 34 cm makcook
(oden-houseware.com)


Berikut beberapa langkah menyiapkan alat panggangan, seperti dilansir Huffingtonpost:

Siapkan arang
Api sangat dibutuhkan dalam pemanggangan. Untuk menghasilkan pembakaran yang baik, gunakan batok kelapa, tapi jangan ditambahkan koran atau kertas lainnya saat membakar batok kelapa.

Biarkan batok kelapa atau arang kayu terbakar dengan sendirinya. Setelah 15-20 menit, api akan mereda dan bara akan muncul bewarna merah keabu-abuan.

Ketika mulai terbakar, barulah Anda tambahkan arang, kayu, atau batok kelapa agar apinya semakin membesar. Jika memiliki alat pengukur temperatur, pastikan suhunya 232-260 derajat Celsius. Jika kurang, tambahkan lagi kayunya.

Daging
Potongan daging untuk steak maupun unggas bisa Anda sesuaikan dengan selera. Taburi garam dan merica sebelum daging dipanggang. Jika ingin menghasilkan rasa lebih nikmat, olesi pula dengan minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon.

Jangan sering dibolak-balik
Taruh daging di bagian tengah alat panggangan agar terpanggang sempurna hingga mengeluarkan desisan yang berasal dari juicy-nya. Supaya cepat matang, Anda bisa menutup alat panggangan.

Tak perlu sering membolak-balik daging karena akan semakin lama matang. Gunakan alat penjepit daging saat membaliknya untuk menjaga higienitasnya. Biarkan daging termasak hingga menghasilkan warna kecokelatan dan sedikit karamel.

Periksa kadar kematangan
Untuk memeriksa kematangan, pakailah termometer khusus. Bila ingin menghasilkan daging medium-rare, suhu yang disarankan 54,4 derajat Celsius. Bisa pula disentuh dengan jari.

Jika daging yang dipanggang sudah sesuai dengan tingkat kematangan yang dikehendaki, angkat dan sajikan di wadah beralaskan kertas alumunium. Biarkan dahulu selama 10 menit baru disantap.


(ayb/int)

Posted By syarief oden08.54

Kamis, 25 Juli 2013

Membersihkan panci gosong dan berkerak

Filled under:

Royal Saucepot 18 cm
(oden-houseware.com)


kulit telur
tumbuk kulit telur hingga halus tapi nggak perlu seperti tepung ya.., lalu gosokkan pecahan kulit tersebut dengan sabut pencuci pada bagian panci yang gosong

bawang
letakkan irisan bawang ke dalam panci di area yang gosong tuangi air mendidih, lalu biarkan sekitar 5 menit dan segera bersihkan

cuka dan garam
masukkan air ke dalam panci yang gosong, masukkan cuka dan garam, lalu rebus hingga air mendidih selama beberapa saat. biarkan dingin, lalu cuci seperti biasa

baking soda
masak air hingga mendidih, tuangkan ke dalam panci yang gosong, tambahkan satu sendok baking soda diamkan beberapa saat. jika kerak terlalu keras, biarkan selama semalaman, buang airnya cuci biasa


Posted By syarief oden09.39

Rabu, 24 Juli 2013

Bahan Ovenware

Filled under:

Pyrex dan Marinex adalah dua nama merk dagang alat-alat memanggang (ovenware). Bahan pembuatan keduanya adalah kaca khusus yang bernama kaca borosilikat. Namun nama borosilikat kurang populer, karena lebih populer nama dagangnya yaitu Pyrex. Kaca borosilikat digunakan pada peralatan seperti: peralatan laboratorium, peralatan memanggang/ ovenware, kacamata, teleskop, komponen elektronik dan sebagainya. Peralatan-peralatan tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang berbeda-beda menyesuaikan dengan fungsi dan tujuan untuk apa peralatan tersebut digunakan.
Ovenware Oval Roaster 6664 Marinex
(oden-houseware.com)


Posted By syarief oden17.48

Setrika listrik

Filled under:

Setrika listrik adalah peralatan listrik rumah tangga yang digolongkan dalam peralatan pemanas berdaya rendah.
Setrika NI-V100N Panasonic
(oden-houseware.com)

Jenis dari setrika listrik antara lain :
a. Setrika listrik jinjing (portable)

  • Tanpa pengatur panas 
  • Dengan pengatur panas (otomatis) 
  • Dengan uap air

b. Setrika listrik besar

  • Roll iron
  • Pres iron


Pada umumnya setrika listrik portable banyak dipakai untuk keperluan rumah tangga, sedangkan setrika listrik yang besar seperti roll iron dan press iron banyak dipakai di hotel-hotel, di rumah sakit dan binatu.

Prinsip kerja setrika listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui elemen pemanas dimana panas yang dihasilkan dikumpulkan oleh besi pengumpul panas yang kemudian melalui gosokan diteruskan pada objek yang akan disetrika.

Bagian-bagian utama dari setrika listrik terdiri dari :
a. Elemen panas
b. Besi pengumpul panas
c. Besi pemberat
d. Tutup dan pemegang seterika
e. Terminal dan kabel penghubung
f. Pengatur panas (untuk setrika otomatis)
g. Pompa air (untuk setrika dengan uap air)

A. Elemen panas 
Sebagai sumber panas setrika listrik digunakan elemen pemanas berupa kawat nikelin berbentuk pipih yang dililitkan pada lembaran mika yang dibentuk sedemikian rupa sesuai bentuk alas setrika, sehingga panasnya dapat tersebar merata. Elemen pemanas ini terisolasi terhadap badan setrika.
Pada setrika listrik model yang lain, kawat nikelin digulung menyerupai bentuk spiral dan dimasukkan dalam selongsong/pipa sebagai pelindung. Agar arus listrik tidak mengalir kebadan setrika, antara spiral nikelin dengan pipa disekat/diisolasi dengan bahan oksida magnesium. Pada seterika model yang lama, spiral nikelin diberi selongsong dari bahan keramik/batu tahan api sebagai pelindung dan sekaligus sebagai isolator.

B. Besi pengumpul panas 
Besi pengumpul panas atau yang sekaligus sebagai bagian dasar/alas dari setrika, berbentuk plate yang dilapisi bahan anti karat dan anti lengket, dan bagian ini harus selalu bersih karena langsung dengan objek yang disetrika (pakaian).

C. Besi pemberat 
Pada setrika yang lama, dilengkapi dengan besi pemberat, karena daya rata-rata setrika listrik 350 watt, sedang objek/bahan yang disetrika kebanyakan dari jenis katun, yang pelicinannya memerlukan tekanan yang cukup kuat.
Setrika listrik model yang lebih baru, tidak lagi dilengkapi dengan besi pemberat, dengan alasan bahwa objek/bahan yang disetrika sudah banyak bahan dari jenis sintetis dan lebih lembut.

D. Tutup dan pemegang setrika
Tutup setrika gunanya untuk melindungi bagian dalam setrika yang dialiri arus listrik terhadap sentuhan pemakaiannya, dan juga berfungsi agar panas tidak menyebar langsung ke udara bebas.
Sedangkan pemegang setrika biasanya dari bahan yang tidak mengalirkan panas dan juga tidak mengalirkan arus listrik. Untuk itu bagian ini biasanya terbuat dari kayu, ebonit atau karat.

E. Terminal dan kabel penghubung
Terminal berguna untuk menghubungkan rangkaian dalam setrika dengan sumber tegangan dari kotak-kontak dinding, melalui kabel penghubung. Beberapa model setrika listrik menggunakan terminal yang merupakan tempat persambungan antara ujung kawat elemen yang disambung pada tusuk kontak (stiker) dengan kabel penghubung luar yang disambung pada kontra steker, sehingga pada saat tidak digunakan kabel penghubung dapat dilepas dan disimpan terpisah dari setrikanya.

F. Pengatur panas 
Setrika dengan pengatur panas otomatis menggunakan komponen tambahan berupa termostat yang tersusun dari bahan bimetal yaitu lempengan dua logam yang berbeda koefisien muai panjangnya, disatukan menjadi satu lempengan. Apabila lempengan logam ini terkena panas, maka salah satu jenisnya akan memuai lebih dahulu, sehingga lempengan tadi membengkok, yang arah bengkoknya ini kemudian dimanfaatkan untuk melepas/menghubungkan kontak, jadi bila panas berlebihan kontak memutus sehingga elemen pemanas tidak lagi dialiri arus listrik, tapi bila panasnya mulai rendah lagi kontak akan menghubung kembali dan arus listrik kembali mengali melalui elemen pemanas. Dengan demikian kondisi panas seterika dapat dipertahankan pada panas tertentu sesuai dengan yang diinginkan melalui pengaturan tombol pengatur panas.

G. Pompa air 
Pada setrika yang menggunakan uap air mempunyai tabung air dan dilengkapi dengan pompa air.
Pompa air ini berfungsi untuk menyemprotkan air pada objek yang disetrika, terutama pada bahan yang tebal/katun, guna mendapatkan hasil setrika yang baik dan rapi.

Posted By syarief oden17.46

Spoiler v2

Filled under:

Posted By syarief oden09.22

Membuat Spoiler v 1

Filled under:

Judul Spoiler:
Your text here

Posted By syarief oden09.22

Alat-alat Mikrobiologi Berbahan Pyrex

Filled under:

Posted By syarief oden08.53

Selasa, 23 Juli 2013

Tips Trik Menggunakan Oven Kompor

Filled under:

OVEN BIMA JAYA 38
(oden-houseware.com)
Oven kompor merupakan alternatif lain penggunaan oven listrik. Seperti halnya oven listrik, oven kompor memiliki perawatan yang hampir sama dengan oven listrik. Oven kompor dapat digunakan untuk membuat roti, cake dan kukis yang enak-enak. 
Kukis yang menggoda... :)
Kelemahan oven kompor ini yaitu tidak ada api atasnya, dan tidak bisa membuat lapis legit atau moscovis. Oven kompor tidak memiliki pengatur suhu dalam, namun bisa disiasati dengan cara membesarkan/mengecilkan api kompor. Beberapa oven kompor memiliki termometer yang terpasang di dalam oven. Oven kompor tidak memiliki timer seperti pada oven listrik, jadi pada saat memanggang kita sembari menunggu agar tidak gosong.

Tips menggunakan oven kompor versi Kang Pri Kepoh :
  • Gunakan kompor yang besarnya proporsional dengan besar Oven, agar hasil pembakaran bisa maksimal.
  • Pastikan letak oven tidak miring, supaya adonan kue yang akan dibakar juga tidak tebal sebelah.
  • Saat menggunakan oven, beri sedikit ruang antara dasar oven dengan atas kompor, supaya sirkulasi udara lancar dan perapian tidak terganggu.
  • Beri ruang di bagian belakang oven dengan dinding kalau emang ada dinding dibelakang oven, kira-kira 10 cm, ini untuk sirkulasi udara dalam oven.
  • Jika kompor dan oven berada di tempat terbuka, buatkan sekat², setidaknya menutup kiri-kanan-belakang oven, untuk melindungi aliran udara, agar nyala api terjaga. 
  • Saat beli loyang, sesuaikan dengan ukuran ruang dalam oven, bukan mengukur lebarnya oven dari luar
  • Suhu dalam oven, tergantung dari besar kecilnya nyala api.
  • Bisa saja, membesarkan nyala api, akan mempercepat kering bagian atas kue. 
  • Letakkan loyang berisi pasir yang merata di dasar bagian dalam oven, akan membantu meratakan panas bagian bawah.
  • Tetesan bahan makanan dalam oven, agar segera di bersihkan, karena akan menimbulkan asap yang akan menyebabkan bau angus, ini akan mempengaruhi aroma kue. Selain itu, tetesan bahan makanan ini akan mempercepat korosi bagian dasar oven.
  • Jika menggunakan kompor minyak tanah, pastikan kalau kompor ini terawat sumbunya, tidak menimbulkan jelaga yang akan membuat polusi bagian dalam oven dan merusak aroma kue.
  • Bersihkan kaca di pintu oven, dengan air sabun dan lap. Saat membersihkan, oven dalam keadaan suhu ruang agar kaca tidak pecah.
  • Perhatikan bentuk dan posisi pintu oven, karena beberapa kali pemakaian, bisa saja pintu akan sedikit menganga saat di tutup, ini salah satu sebab kematangan tidak merata.
  • Karena oven macam ini tidak dilengkapi termometer, beli termometer secara terpisah, yang bisa di gantung di dalam rak oven.

Trik tambahan :
Dalam pemakaian, jika kue terlihat telah kering bagian dasar atau pinggirnya, sementara bagian atasnya belum kering, bisa diakali dengan memindahkan kue di rak teratas dalam oven.
Jika bagian atas yang telah mengering lebih dulu, sementara bagian dalam belum (pakai test lidi), letakkan loyang berisi air, di rak atas (di atasnya kue) agar kue tidak menjadi lebih kering.
Jika kue tidak matang merata, salah satu sisi kering lebih dulu, maka kue sebaiknya di putar. kemungkinan ini diakibatkan nyala api yang tidak merata, atau letak oven yang berat sebelah.
Kalau tidak punya termometer, suhu bisa 'diraba' dengan lengan kita. caranya, masukkan lengan kita ke dalam oven segera setelah oven dibuka. hitung mengikuti detik jam. Kalau tangan kuat hingga hitungan ke 15, kesimpulannya suhu oven di bawah 180 derajat C. Kalau hanya kuat hingga hitungan ke 10, suhu 200 derajat atau lebih.

Posted By syarief oden14.57

Senin, 22 Juli 2013

Membuat Kue dengan Biscuit Maker

Filled under:

Sumber resep : sajiansedap

Kacang hijau dikenal sebagai sumber protein yang tinggi. Beragam jenis makanan mulai dari bubur sampai kue dapat dibuat dengan bahan utama kacang hijau. Berikut cara membuat biskuit dengan bahan kacang hijau menggunakan Biscuit Maker.
Biscuit maker set OX-322 Oxone
(oden-houseware.com)
Bahan-bahan :

  • 3 kuning telur
  • 1/2 sendok makan gula pasir halus
  • 3 putih telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram gula pasir halus
  • 15 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram tepung maizena
  • 50 gram kacang hijau kupas, disangrai 5 menit dengan api kecil, dinginkan, blender halus, diayak, timbang 30 gram


Cara Pengolahan :
Kocok kuning telur dan gula pasir halus sampai putih. Sisihkan.
Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir halus sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
Masukkan kocok kuning telur sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan.
Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan tepung kacang hijau sambil diayak dan diaduk rata.
Masukkan dalam Biscuit Maker dengan cetakan sesuai selera, semprot di loyang yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
Oven 8 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Turunkan suhunya 150 derajat Celsius. Oven lagi 8 menit sampai matang dan kering.

Untuk 100 gram


FYI, ada 10 jenis cetakan dan 4 jenis corong motif yang dapat Anda gunakan sesuai selera. Semuanya tersedia dalam satu paket Biscuit Maker Oxone OX-322.
Cetakan dan corong
(dokumen pribadi)

Cetakan dan hasilnya
(dokumen pribadi)

Posted By syarief oden09.52

Sabtu, 20 Juli 2013

Perbandingan Kompor Listrik dan Kompor Gas

Filled under:

Kompor merupakan alat masak yang dapat mengeluarkan api yang panas sehingga membantu proses memasak. Masyarakat kini sudah terbiasa menggunakan kompor sebagai alat memasak. Barang yang mungkin menjadi pengganti adalah rice cooker, namun rice cooker tidak bisa menggantikan semua pekerjaan kompor. Sedangkan masyarakat perkampungan, misalnya, biasanya menggunakan kompor minyak dengan bahan bakar minyak, dan tungku atau pawon dengan bahan bakar berupa kayu, dedaunan kering, batubara, dan sebagainya.
Induction cooker
(oden-houseware.com)

Berikut perbandingan antara kompor gas dengan kompor listrik, berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

+ Kelebihan dari kompor gas :
  • Cepat panas ketika dinyalahkan dan cepat dingin ketika dimatikan
  • Sangat gampang bagi pengguna untuk menyesuaikan tingkat panas dengan cara mengatur besar kecilnya api
  • Harga tabung gas cukup murah untuk saat ini hingga harga pemakain kompor ini murah
  • Api menyebar dengan merata sehingga memasak lebih mudah
- Kekurangan dari kompor gas:
  • Harga beli dan instalasi yang lumayan mahal
  • Susah dibersihkan terutama ketika masak dengan minyak yang menciprati bagian-bagian yang susah dijangkau
  • Penggunaan agak ribet terutama pas saat gas habis sehingga harus ganti tabung gas
  • Dikarenakan kompor disambung ke gas melalui pipa sehingga ada kemungkinan bocor dan memicu kebakaran
  • Gas yang keluar karena kebocoran atau pemasangan pipa yang tidak tepat berbahaya bagi tubuh

+ Kelebihan dari kompor listrik:
  • Harga yang lebih murah daripada kompor gas
  • Cara penggunaan yang gampang karena tinggal colok ke sumber listrik dan nyalakan
  • Mudah dibersihkan karena permukaan yang rata
  • Tidak ada kekhawatiran akan adanya kebocoran gas
  • Produk yang ramah lingkungan
- Kekurangan dari kompor listrik:
  • Tagihan listrik akan membengkak karena penggunaan kompor ini membutuhkan tenaga listrik sehingga harga proses pemakain bisa dibilang mahal
  • Tidak bisa digunakan untuk memasak ketika lampu mati

Credits : Artikel Info

Posted By syarief oden09.04

Jumat, 19 Juli 2013

Cara Membedakan Madu Asli Dengan Yang Palsu

Filled under:

Berdasarkan survey di lapangan baik di Indonesia maupun di USA menunjukan bahwa hampir 80% madu yang beredar di pasaran adalah madu palsu. Berikut tips dalam membeli madu :
  1. Usahakan saat membeli mengetahui jenis nectar madu tersebut. Karena tiap nectar mempunyai sifat dan karakter fisik yang khas. Misalkan madu kapuk dan Kaliandra, madu kapuk tidak akan mengkristal walaupun disimpan lama di kulkas, sedangkan madu kaliandra akan cepat mengkristal seperti gula. Jadi jika membeli madu kapuk tapi madu tersebut mengkristal bisa dipastikan madu itu palsu atau dicampur.
  2. Belilah madu asli di tempat yang dipercaya, seperti di Peternakan lebah. Jika tidak mengetahui dimana membeli madu yang asli setidaknya bisa dilihat dengan membandingkan harganya.
  3. Lebih aman belilah madu ke peternak lebah yang telah mempunyai standar madu dari SNI.
Sedangkan untuk mengetahui madu yang asli dan yang palsu anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Mencampurnya dengan kuning telur
Campurkan dua sendok makan madu dengan kuning telur, lalu kocok. Jika kuning telur tampak mengkristal seperti matang, maka madu Anda asli. Kuning telur yang dicampur madu akan tampak matang. Yang sebenarnya terjadi adalah penggumpalan atau Koagulasi. Hal ini karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein. Protein yang dicampur dengan asam akan menggumpal, sehingga telur akan terlihat matang, yang sebenarnya ter-koagulasi.

Kocok madu dalam botol
Madu yang asli jika dikocok akan berbusa. Busa dan udara yang terbentuk akan naik dan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka akan terdengar suara letupan kecil. Letupan itu juga bisa terjadi karena fermentasi yang menghasilkan gas.

Teteskan madu pada kertas koran
Jika madu yang Anda miliki adalah madu yang asli, tidak mudah diserap kertas, karena kadar air yang terkandung di dalam madu asli lebih rendah dibandingkan madu palsu.

Madu asli memiliki rasa lebih asam
Madu yang palsu memiliki rasa lebih manis karena ditambahkan gula, sehingga akan dikerubungi oleh semut jika dibiarkan dalam keadaan terbuka. Selain itu intensitas rasa manis madu palsu akan terasa lebih lengket di lidah. Sebaliknya pada madu asli, selain rasa manis akan ditemukan pula rasa asam mengingat madu asli memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 – 6,1.

Dengan meneteskan madu di air di atas piring beling putih
Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk seperti sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang. Menuangkan madu ke dalam gelas yang berisi air dingin. Bila madu tersebut asli, maka madu tersebut akan langsung jatuh ke dasar gelas dan tidak berpendar. Di samping itu, salah satu ciri madu asli adalah ketika dimasukkan ke dalam air, madu tersebut tetap solid dan tidak membuat air menjadi keruh.

Menggunakan semut
Dengan cara ini, dipercaya bahwa semut akan mengerumuni madu palsu dan tidak tertarik pada madu asli. Namun cara ini tidak 100% benar. Pada dasarnya, sifat semut suka pada yang manis-manis, termasuk rasa manis yang ada pada madu. Madu asli pun bisa saja dikerumuni oleh semut karena tertarik oleh wanginya. Madu yang kental akan lebih sulit dideteksi aroma manisnya oleh semut. Semakin kental madunya (kadar airnya sedikit) semakin sulit bagi semut untuk mendeteksi lokasi rasa manis madu tersebut karena molekul yang ada di dalam madu tetap utuh, tidak pecah. Sebaliknya, bila kadar airnya tinggi (di atas 20%), maka semut mudah menghampiri. Madu yang tidak dikerumuni semut adalah madu yang telah terfermentasi sehingga mengandung alkohol atau madu asli dari hutan.

Menggunakan freezer atau kulkas
Apabila madu dimasukkan freezer tidak beku maka madu asli, bila beku maka bukan madu campuran. Cara ini juga tidak 100% benar, karena ada beberapa madu yang jika dimasukkan freezer menggumpal dan ada beberapa yang tidak menggumpal. Seperti Madu kapuk dan Kaliandra, madu kapuk tidak akan mengkristal (beku) walaupun disimpan lama di kulkas, sedangkan madu kaliandra akan cepat mengkristal seperti gula. Jadi jika membeli madu kapuk tapi madu tersebut mengkristal bisa dipastikan madu itu palsu atau dicampur.

Menggunakan korek api
Batang korek api yang dimasukkan ke dalam larutan madu beberapa lama. Sesudah itu kita ambil dan korek tersebut kita pantikkan dengan kotak korek. Kalau korek tersebut masih bisa menyala maka madu yang kita uji adalah asli. Cara ini banyak dipakai penjual madu di pasar-pasar. Cara ini belum teruji secara nyata karena sampai saat ini kami belum menemukan hasil penelitian yang merekomendasikan cara tersebut.

Menggunakan alat polarimeter
Madu asli secara optis akan memutar ke kiri, sedangkan madu palsu akan memutar ke kanan. Tips untuk membedakan madu dengan cara mudah seperti di atas tidak selamanya benar 100 % dikarenakan setiap pemanenan mengandung kadar air yang berbeda-beda. Misalnya ketika dipanen pada musim hujan, maka madu akan banyak mengandung air hujan. Selain menyebabkan lebih cair, air hujan juga akan menyebabkan madu menjadi teroksidasi udara menjadi lebih masam (ingat: air hujan bersifat asam) dan akan terfermentasi.


Sumber : Science and Mythology

Posted By syarief oden10.03

Memperbaiki Regulator Kompor Gas

Filled under:

Kompor 2 tungku QGC-201 DMPB Quantum
(oden-houseware.com)

Sering kali kita merasa kesal ketika tabung gas kita mendadak kosong (habis). Kekesalan bisa timbul oleh beberapa hal antara lain, mungkin pas habis kompor gas sedang digunakan untuk menanak nasi, jadilah nasi setengah mateng (emangnya telur), mungkin juga pas gas habis uang belanja juga sudah mendahului habis he he emang ga pernah ada uang kali...., bahkan mungkin juga kita kesal jika gas habis ketika ganti tabung baru akan bocor. 

Nah jika alasan nomor tiga yang jadi masalah, berikut tip untuk menghindarinya.
  • Bukalah regulator dari kepala tabung dengan hati-hati (jangan buru-buru) karna jika terlalu cepat maka kerusakan pada sil regulator akan terjadi (sil = karet penahan gas yang terletak pada regulator).
  • Pastikan karet pada kepala tabung yang baru tidak rusak dan tidak longgar.
  • Pasang regulator ke kepala tabung gas yang baru secara perlahan untuk menghindari sil pada regulator tergores. 
Bagaimana jika cara diatas sudah dilakukan ternyata tabung masih bocor? Ada beberapa kemungkinan mengenai tabung baru yang dan bocor terus. disini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai hal terserbut, saya ambil satu saja kemungkinan penyebab bocornya gas pada tabung yang baru diganti yaitu rusaknya regulator. Regulator rusak sebaiknya jangan dibuang dulu, ada cara mudah untuk memperbaiki regulator kompor gas siapa tahu saja regulator kompor gas yang rusak tersebut masih bisa diperbaiki.
Regulator gas
(boilermuseum.net)

Cara memperbaiki regulator kompor gas.
  1. Buka kunci penahan anak regulator, biasanya kunci penahan berwarna merah, tarik dengan cara dicongkel menggunakan jarum atau sesuatu yang runcing dan kuat.
  2. Setelah kunci penahan tercabut tarik anak regulator.
  3. Pada anak regulator terdapat dua sil (sil depan dan sil belakang, kita lihat apakah sil-sil tersebut masih mulus kaya paha ABG hi hi ... atau sudah rusak(luka/gompel).
  4. Jika sil sudah rusak maka ganti sil dengan yang baru tapi jika masih mulus kita coba akalin dengan cara mengambilnya dulu dari anak regulator (congkel menggunakan jarum), kemudian pada tempat sil yang sudah diambil kita tambahi benang jahit (lingkarkan secukupnya), selanjutnya kita pasang kembali sil yang kita ambil tadi pada tempatnya (anak regulator).
  5. Sebelum dipasang kembali sil kita beri pelumas (bisa menggunaka stamplet/pelumas motor).
  6. Pasang kembali seperti semula.
Selamat mencoba! Info lebih lanjut hubungi kami (fb = Zulfa Maulana) / Mejagong Kompor Gas


Sumber: Mejagong
dengan editan seperlunya :)

Posted By syarief oden09.28

Rabu, 17 Juli 2013

Langkah Tepat Bersihkan Coffee Maker

Filled under:

Sumber : Okefood
Penulis : Dewi Yanti

Membersihkan coffee maker perlu berhati-hati karena bagian dalamnya, yang berkaitan langsung dengan mesin, tidak dapat dibersihkan. Bau tengik akibat sisa kopi dan endapan air dalam wadah harus dibersihkan minimal sebulan sekali.

Berikut langkah-langkah membersihkan coffee maker yang aman, seperti diulas Wikihow:

1. Buatlah campuran dari 1 bagian cuka putih dan 2 bagian air untuk mengisi wadah air. Jika dalam tiga tahun terakhir Anda belum pernah membersihkan coffee maker, maka gunakan cairan pembersih yang lebih kuat dengan mencampurkan setengah bagian air dan setengah bagian cuka.

Berikut beberapa alternatif campuran yang bisa digunakan untuk membersihkan coffee maker:

  • Larutkan 25 gr asam sitrat dalam 4 cangkir air panas, lalu tambahkan 4 cangkir air dingin sebagai cairan pembersih.
  • Cairan pembersih coffee maker yang dijual di toko.
  • Pemutih, ini hanya digunakan untuk teko coffee maker berbahan kaca. Ingat, jangan pernah mencampurkan pemutih dengan cuka atau bahan bersifat asam karena akan menimbulkan asap berbahaya.
  • Jangan gunakan baking soda dan air hangat, campuran ini dapat menyumbat dan merusakcoffee maker. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cuka putih untuk dialirkan dalam coffee makerdengan tingkat keberhasilan 75 %.

2. Pasang saringan dalam coffee maker Anda, seperti biasa. Lalu, Tuang campuran cairan pembersih ke coffee maker di bagian wadah pengisian air. Hidupkan coffee maker dan biarkan cairan pembersih mengalir hingga ke teko penampung air.

3. Lepaskan penyaring dan buang air campuran pembersih. Biarkan coffee maker selama 15 menit hingga dingin dalam keadaan mati. Bilas teko hingga bersih.

4. Ulangi semua hal di atas untuk kedua kalinya, tapi kali ini dengan air dingin biasa. Ini untuk memastikan bahwa semua larutan campuran cuka dan air benar-benar hilang. Untuk lebih pastinya, cium aroma coffee maker, baik teko maupun wadah pengisian air, setelah bilasan pertama. Jika bau cuka sudah tidak tercium, maka Anda tidak perlu lagi membilasnya lebih lanjut.

Peringatan!

- Jangan pernah mencuci teko coffee maker dengan sabun. Cairan sabun akan terikat dengan minyak yang tersisa dari kopi sehingga akan meninggalkan rasa tidak sedap saat Anda membuat kopi. Hal sama juga berlaku jika Anda menggunakan mesin cuci piring.

- Beberapa teko kopi terbuat dari kaca tahan panas yang lebih kuat daripada kaca biasa. Namun, kaca ini juga bisa pecah sehingga Anda perlu hati-hati merawatnya. Jangan pernah mengisi air panas lalu air dingin secara langsung.

COFFEE MAKER HD-7448 PHILIPS
(oden-houseware.com)

Posted By syarief oden08.33

Selasa, 16 Juli 2013

Juicer Extractor si Pembuat Jus Tanpa Ampas

Filled under:

Juice extractor adalah merupakan alat rumah tangga yang digunakan sebagai penghancur atau penghalus buah dan sekaligus mengambil sarinya atau dalam bahasa asingnya ekstraknya. Alat ini juga dinamakan Juicer. Alat ini bekerja menggunakan motor listrik sebagai pemutar pisau yang berbentuk parut. Parutnya dari bahan logam keras dan anti karat (lebih dikenal sebagai stainless steel), dan berlobang di bagian tepinya sehingga dengan putaran yang sangat tinggi, air atau sari buahnya akan keluar.

Alat ini sangat baik sebagai penunjang kesehatan, misalnya untuk membuat ekstrak wortel, apel, dan sebagainya, sehingga kita tinggal meminum sarinya saja.

Juice ekstractor belum populer di pasaran karena disamping alat ini termasuk baru dan harganya masih cukup mahal.
Juice extractor CJ-388 Cosmos
(oden-houseware.com)

Setelah digunakan, parutnya harus dicuci dengan lap bersih yang dibasahi hingga bersih, kemudian dibersihkan dengan lap kering. Hal ini bertujuan agar pisaunya tidak mudah berkarat. Secara rutin setelah beberapa kali pemakaian atau dalam beberapa bulan sekali, bantalan as/porosnya juga harus dilumasi sehingga tetap licin. Karena bodinya dari plastik, maka penyimpanannya juga harus terhindar dari sinar matahari langsung agar warnanya tidak cepat pudar.

Dalam penggunaannya, buah yang akan diperas harus dicuci dulu dan dipotong sesuai ukuran lobang masuk pada juicer.

Daya listrik yang digunakan sangat bervariasi tergantung kebutuhan dan pabrik pembuatnya. Untuk ukuran kecil dayanya berkisar 250 watt hingga 500 watt. Motornya dilengkapi dengan overheat protector, sehingga jika motor menjadi terlalu panas karena pemakaian,  arus listriknya akan diputuskan secara otomatis oleh alat pengaman tersebut.

Posted By syarief oden08.46

Senin, 15 Juli 2013

Ice Shaver Manual

Filled under:

Suka membuat es serut tapi ingin hemat listrik? Gunakanlah ice shaver manual. Cara memakainya adalah dengan memutar handle (pemutar) yang letaknya di atas.
Inilah salah satu produk ice shaver manual yang saya ambil dari http://oden-houseware.com.
Ice shaver
(oden-houseware.com)

Spesifikasi :
  • Bodi berbahan plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)
  • Dimensi dus : 20 cm x 20 cm x 24cm
  • Berat : ± 2 kg
  • Pisau stainless steel
  • Dilengkapi 3 buah mangkuk es (diameter : 10 cm ; tinggi : 5 cm)
  • Negara pembuat : Taiwan

Cara pemakaian :
  1. Buka tutup atas dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam. 
  2. Letakkan balokan es pada wadah es. Balokan es yang digunakan sebaiknya berupa es cetakan yang sesuai dengan ukuran wadah tersebut.
  3. Letakkan tutup atas tadi dan taro tutup ke posisi semula dengan memutar searah jarum jam.
  4. Tekan bagian atas handel dengan sebelah tangan, dan tangan satunya lagi memutar handle untuk mulai menyerut es.
Perawatan dan cara membersihkan ice shaver manual pun tergolong mudah. Anda hanya perlu mengelapnya setelah digunakan, terutama pisau stainless. Jangan khawatir, pisau tersebut bisa dilepaskan dengan mudah karena dipasang menggunakan mur (+). 
Ayo hemat energi! ^^

Posted By syarief oden09.56

Sabtu, 13 Juli 2013

Cara Packing Guci

Filled under:

Guci keramik Trisensa
(oden-houseware.com)
Jika anda memiliki guci yang berukuran besar di rumah anda, maka untuk memindahkannya membutuhkan penanganan yang khusus. Pertama anda harus menyiapkan beberapa material packing yang dibutuhkan seperti bubble pack, maskingcarton sheet (blanket), wrapping paperstyrofoam
  • Letakan styrofoam dibawah guci sebagai alasnya agar tidak pecah jika dalam perjalanan kondisi jalannya tidak bagus.
    Styrofoam
    (bandung.olx.co.id)
  • Bungkus guci dengan bubble pack (blanket) yang agak tebal lalu dimasking, jika terjadi benturan guci tetap dalam kondisi aman. 
Bubble pack
(archive.beersweden.se)
  • Pada bagian-bagian guci yang menonjol, bungkus dengan wrapping paper sampai tertutup semuanya. 
    Wrapping paper
    (allmoves-indonesia.com)
  • Terakhir, lapisi dengan carton sheet yang dibentuk sesuai dengan bentuk gucinya. 
Carton sheet
(id.all.biz)
Jika pindahnya tidak jauh atau local area saja maka packing seperti diatas sudah cukup aman asalkan pada saat di atas kendaraan harus dipastikan bahwa jika terjadi gerakan guci tersebut tetap pada posisi semula. Namun jika akan dipindahkan ketempat yang jauh ke luar negeri misalnya, maka guci tersebut harus dimasukkan kedalam wooden box (packing kayu) yang dibuat sesuai dengan ukuran gucinya.
Wooden box
(kaskus.co.id)

Sumber : Trust Mover

Posted By syarief oden12.54

Jumat, 12 Juli 2013

Dispenser untuk air higienis

Filled under:

Air biasa (air pompa/air sumur) harus dibersihkan dan juga didesinfektan sesaat sebelum kita memanfaatkannya, karena air tersebut diperkirakan masih mengandung banyak kuman dan bakteri. Banyak dari kita yang cukup hati-hati terhadap efek samping yang terkandung dalam air yang tidak higienis dan kita semua menguji dengan lebih baik untuk menyaring semua kotoran di dalam air. Berkat jumlah besar percobaan untuk memanfaatkan dispenser air berteknologi tinggi dan juga pendingin bermetode canggih dalam menyaring kotorannya. Namun, tidak mengherankan, banyak senyawa beracun, bakteri dan juga faktor beracun lainnya saat ini masih mencemari sumber air kita. Akibatnya, menjadi semakin penting untuk mendapatkan peralatan air bermutu baik dalam sifat dan tempat seperti di tempat kerja,
agar setiap orang dapat minum air jernih dan bebas risiko.

Dispenser with filter
(www.aliexpress.com)

Peralatan ini dikembangkan dengan cara menghisap sumber air secara sederhana oleh Halsey Willard Taylor dan juga Luther Haws di awal 1900-an, ketika mereka melihat dan juga merasakan ketergantungan tak terelakkan khusus pada air bersih. Sejak saat itu, telah terlihat peralatan rumah mulai banyak kemajuan. Pembuatan sistem H²O ini tetap menambahkan rasa segar dan juga fitur sederhana dispenser untuk memproduksinya lebih efektif. Saat ini, jenis yang paling sering berhubungan air pendingin akan dibotolkan, tanpa kaleng, persis seperti di dalam lemari es, dll. Setiap jenis dispenser H²O memiliki spesifikasi yang berbeda.

Dispenser kompak
(oden-houseware.com)

Jadi, jika Anda perlu untuk membeli dispenser berkaitan pemanfaatan pribadi atau kantor Anda, sangat penting bagi Anda untuk memperhitungkan seberapa banyak yang akan menggunakan pendingin serta durasi pada waktu yang sama. Biasanya, pendingin air botol atau mungkin macam berukuran lebih kecil yang cocok untuk melakukan tempat karena mereka biasanya mudah dipindahkan dan mudah untuk dikelola di dalam kantor. Tip untuk membawa dispenser air untuk orang-orang terbaik untuk posisi terbaik adalah meletakannya dalam jangkauan yang mudah dari karyawan sehingga tidak susah bagi anak-anak dan tentunya menghemat waktu yang berharga. Meskipun demikian, rumah tangga percaya lebih cenderung menggunakan dispenser H²O yang kompak agar lebih mudah mengambil air. Yang satu ini tidak memerlukan botol-botol untuk mendinginkan air di kulkas berulang-ulang.

Posted By syarief oden14.35

Rabu, 10 Juli 2013

Evolusi Coffee Maker (Mesin Pembuat Kopi)

Filled under:

Sumber asli teks : Kopi & Resep Kopi

Jika kita menyeduh kopi di rumah, merupakan pilihan yang tepat bila menggunakan coffee maker. Sekarang, kita memiliki pilihan berbagai variasi mesin pembuat kopi dan kita dapat menyeduh kopi dari mesin espresso, latte, atau cappuccino. Tapi, sejarah penyajian kopi tidak selalu semudah menekan sebuah tombol.

Metode awal menyeduh kopi adalah dengan merebus kopi dan air bersamaan. Sebagaimana dapat dibayangkan, kopi ini akan menjadi terlalu pahit dan kurang sedap dipandang.

Pada sekitar tahun 1710, proses penyeduhan infusi dikenal di Prancis. Teknik infusi dikenal dengan cara memasukkan bubuk kopi ke kantung linen, disebut biggin. Biggin kemudian dipenuhi oleh kopi, ditutup kawat renggang dan direndam ke dalam air dalam teko. Bubuk kopi dibiarkan merembes atau infusi sampai kekentalan yang didapat. Pada masa ini teko kopi terbuat dari wadah logam yang memiliki lubang pemancar.

Coffee maker terus berevolusi melewati abad ke-18. Metode baru untuk memisahkan kopi ditemukan dan terus diteliti untuk dikembangkan. Pada masa ini ruang dalam (inner chamber) dan lapisan luar (outer jacket) ditemukan. Inovasi ini memungkinkan kopi dapat dijaga kehangatannya untuk periode yang lebih lama.

Pada masa ini juga ditemukan french drip pot yang dikembangkan di Eropa. Dengan metode penyeduhan kopi cara ini, dua wadah ditumpuk antara satu dengan yang lain, dengan penyaring diletakkan diantara keduanya. Kopi bubuk ditaruh ke dalam ruang yang lebih atas dan air panas dituangkan di atasnya. Kemudian air kopi itu perlahan-lahan menetes ke ruang yang lebih rendah. Proses penyeduhan ini memakan waktu cukup lama dan hanya untuk sajian dalam jumlah sedikit.

Pada abad ke-18 terdapat penemuan mesin espresso dan glass vacuum pot. Awalnya glass vacuum pot digunakan di Jerman sekitar tahun 1830. Salah satu dari glass vacuum pot generasi pertama dipatenkan di Prancis oleh Madame Jeanne Richard pada tahun 1838. Ada suatu fakta yang mungkin tidak dibayangkan sebelumnya. Nyonya-nyonya pemilik rumah bordil adalah instrumen paling penting terhadap penemuan mesin penyeduh kopi. Mereka harus menyajikan banyak kopi dan memiliki banyak waktu untuk berdiskusi diantara mereka agar bisa menciptakan mesin penyeduh kopi yang sempurna. Faktanya selama periode ini, wanita menerima hak paten berkaitan dengan mesin penyeduh kopi sama banyaknya dengan laki-laki.

Pada abad ke-20 terjadi revolusi pada coffee maker komersil. Pada tahun 1815, Corning Glass Work’s memperkenalkan coffee maker yang dibuat oleh Pyrex. Mesin yang penutupnya terbuat dari gelas ini dipasarkan dengan merk ‘silex’.
Hak untuk desain diperoleh pada tahun 1909 oleh dua bersaudara Mrs. Ann Bridges dan Mrs. Sutton di Salem, Massachusetts. Dua bersaudara ini menjual banyak mesin penyeduh Silex ke hotel dan toko sandwich, menjadikan nama mereka bersinonim dengan mesin pembuat kopi komersial.

Pada tahun 1930, coffee maker berevolusi lebih jauh dengan tambahan perangkat elektrik. Salah satu dari mesin coffee maker listrik generasi awal dibuat oleh Willy BrandL. Penemuan paling inovatif dari coffee maker elektrik adalah saklar yang dapat mematikan mesin pada waktu yang tepat.

Pada tahun 1933, Dr Ernest Illy menemukan mesin kopi otomatis espresso. Mesin kopi espresso yang digunakan saat ini merupakan hasil kreasi orang Italia, Achilles Gaggia di tahun 1946.
Penemuan selanjutanya dari coffee maker adalah pada tahun 1942, ketika Harvey Cory mendesian ruberless vacuum pot.

Pada tahun 1940, coffee maker berevolusi dengan cepat. Sunbeam memperkenalkan produk mereka, mesin ‘coffeemaster’ dengan finishing polesan tipis krom dan alat pemanas otomatis.
General Electric memperkenalkan model otomatis mereka yang menggunakan alat aktifasi magnetis yang unik untuk mengontrol proses penyeduan.

Penemuan yang sangat penting mengenai coffee maker terjadi pada tahun 1960 ketika tipe modern penyaring untuk coffee maker dikembangkan. Salah satu dari yang paling terkenal adalah Mr. Coffee yang menemukan proses drip (penetesan) otomatis pada tahun 1972 dan kemudian bergabung Joe DiMaggio sebagai juru bicara perusahaan tersebut. Dengan usaha Mr. DiMaggio, Mr. Coffee secara cepat menjadi bestseller coffee maker di USA.

Saat ini ada lusinan coffee maker yang dapat dipilih. Kita dapat menemukan mesin espresso, Drip Coffee Maker, Percolators, Frenc Drip, Cappuccino Makers, Single Cup Coffee Maker dan Pod Coffee Makers.

Coffee Maker elektrik
(oden-houseware.com)

Posted By syarief oden08.55

Senin, 08 Juli 2013

Ramadhan Ajaib, “Sloki Miras Jadi Cetakan Agar-agar”

Filled under:

Tak terasa, sebentar lagi kita memasuki bulan ramadan. Bulan di mana pada hakikatnya merupakan kesempatan untuk memperbaiki dan membersihkan diri.
Berikut adalah sepenggal kisah tentang perantau dalam menjalani hari-harinya di bulan ramadan.

Ramadhan kali ini, saya bersama kawan lama dari Jakarta. Saat ini, dia sedang berada di tempat saya di Kota Mobagu, Sulawesi Utara. Teman saya ini sudah datang sejak dua minggu sebelum puasa. Sekedar jalan-jalan sambil mencari pekerjaan yang cocok untuknya. Karena di tempat tinggalnya di Klender, JakartaTimur, dia sudah merasa terlalu sesak dan ingin mecari suasana baru. Begitulah dia berkata.
Menjelang bulan Ramadhan, temanku yang biasa dipanggil Deplor ini, sudah berniat untuk berpuasa. Dan dia sepertinya bersungguh-sungguh. Karena ternyata, selamaenam hari puasa ini dia tidak pernah ketinggalan berpuasa.
“Ini adalah prestasi, sejenis rekor begitu A. Karena disini pada puasa semuanya. Makanya Deplor juga gak pernah tergoda untuk Godin. Sip deh pokoknya”
Begitulah Deplor berkata sesaat setelah dia memasak untuk berbuka puasa. Karena di rumah ini hanya bertiga saja. Saya, Deplor dan Bang Dedi. Deplor biasa memanggil saya A atau Aa Roni. Dari umur memang Saya lebih tua darinya. Hmm! Ketahuan deh saya tidak muda lagi. Hehe.
Karena di rumah ini tidak ada perempuan, kami biasa masak bergantian. Bahkan sesekali kami masak bersama. Ya, seadanya saja. Yang penting gak terlalu aneh rasanya. Walaupun sesekali, kami memasak masakan yang berbeda dengan masakan yang ada di warung makanan. Karena rasanya cukup unik. Mulai dari kurang garam, kelebihan garam, bahkan pernah juga memasak yang entah bumbu apa yang kurang atau lebihnya. Yang jelas, rasanya paling unik. (Unik adalah penyebutan untuk rasa yang aneh dan tidak enak).
Makanan yang paling akrab dengan kami adalah mie rebus, mie goreng dan mie seduh. Karena memang paling mudah dibuatnya dan bisa disebut 100% pasti berhasil. Selama ini, kami bertiga memang tidak pernah mengalami kegagalan ketika memasak mie. Kami bertiga sudah lihai betul memasaknya. Singkatnya sudah diluar kepala deh untuk urusan memasak mie.
***
Di bulan Ramadhan ini. Kami biasa memasak nasi dan membeli lauk pauknya di bu Rt. Dia berjualan hanya sekitar seratus meter dari tempat tinggal kami. Dan sayangnya, bu Rt hanya berjualan saat menjelang buka puasa saja. Sehingga untuk makan sahur, kami terpaksa harus memasak sendiri. Alhasil, sarden, abon dan kornet tidak pernah kekurangan stok di kulkas kami. Karena itulah yang bisa kami masak dengan resiko gagal yang minimum. Dan nomor satu yang tidak pernah kosong adalah mie.
Kemarin sore, Deplor mencetuskan ide yang sangat menarik. Dia punya usul untuk membuat agar-agar. itu cukup menarik karena saya dan bang Dedi tidak pernah membuatnya. Namun, Deplor meyakinkan kami bahwa dia bisa membuatnya. Dengan rasa yang tidak kalah dengan agar-agar yang di jual di warung bu Rt.
Deplor kemudian berbelanja bahan-bahan yang entah apa. Karena saya tidak mengerti apa yang dia beli. Dan tanpa buku panduan apapun, Deplor memasak dengan gaya mirip koki terkenal. Suara wajan di pukul nyaring dengan sesekali berkata.
”Tenang! Pokoknya, rasa agar-agar ini akan jadi paling enak se-Kota Mobagu”.
Mendengar itu, saya tersenyum saja. Dan sepertinya betul apa yang dikatakan Deplor, karena wanginya sudah dapat tercium. Persis seperti wangi kue-kue yang biasa di jual di warung bu Rt. Saya kemudian membeli es campur untuk menghindari kegagalan agar-agar yang Deplor buat. Saat itu, sekitar satu jam lagi berbuka puasa.
***
Cetakan agar/puding/hunkwe

Beberapa menit menjelang berbuka puasa, Deplor sudah menyiapkan agar-agarnya. Ternyata ada tiga jenis. Ada yang berwarna hijau tua, hijau bening dan warna coklat. Yang warna coklat adalah agar-agar yang dicampur dengan susu anak-anak. Entahlah sepertinya waktu itu bang Dedi salah membeli susu. Karena ternyata ketika disimpan didalam kulkas dia langsung menepuk jidatnya.
“Salah beli aku. Malahan beli susu anak-anak” Begitulah dia berkata sambil tersenyum ke arah saya dan Deplor. Saya langsung membaca kemasannya. Dan setelah diketahui mengandung gula. Saya menyarankan itu tidak perlu ditukar, karena rasanya memang manis. Dan itu bukan masalah, “Biarlah susu anak-anak juga yang penting berasa manis.” Kamipun menyepakati untuk meminum susu anak-anak.
Adzan maghrib tiba. Dengan bangga Deplor mempersilahkan kami untuk mencicipi agar-agar buatannya. Dan yang paling dia banggakan adalah agar-agar special. Yaitu agar-agar yang dibuat dalam Sloki yang biasa digunakan untuk minuman keras.
“Karena aku sudah berhenti meminum CT, maka, aku gunakan aja slokinya sebagai tempat cetakan agar.”
Begitulah Deplor berkata. Saya dan bang Dedi sangat senang dengan perkataannya. Dan Alhamdulilah, di bulan suci Ramadhan ini, Deplor tidak pernah meminum minuman keras lagi. Mudah-mudahan saja itu akan berlanjut sampai setelah selesai bulan Ramadhan ini. Amiin…
Kembali ke agar-agar yang kami cicipi. Ternyata benar dugaan kami, agar-agar yang berwarna hijau tua dan hijau bening itu adalah rasa pandan. Kami dapat mencium wanginya. Namun sayang, rasa agar-agar itu terlalu dingin. Bukan karena pengaruh di simpan di dalam kulkas. Tapi memang tidak ada rasanya, tidak terasa manis sedikitpun.
“Memang ketika membuatnya tidak memakai gula. Dikirain udah ada rasanya.”
Deplor berkata sambil mengernyitkan dahi. Karena sepengetahuannya, membuat agar-agar itu tidak memakai gula. Saya dan bang Dedi menghibur Deplor dengan memakan beberapa potong agar-agar yang tidak ada rasanya itu.
Beruntunglah, yang berwarna coklat itu tidak begitu unik rasanya. Karena di campur susu, maka rasanya jadi manis. Walaupun kurang manis, tapi itu cukup menyerupai agar-agar sesungguhnya yang biasa di jual di warung bu Rt.
Begitulah cerita tentang agar-agar ini ditulis. Dan dengan bersemangat Deplor menyetujui untuk di publikasikan dalam media Online.
***O***
CT : Cap Tikus, sejenis minuman keras Khas Sulawesi Utara

Sumber : lifestyle.kompasiana
Tanggal : 08 August 2011

Posted By syarief oden12.03

Sabtu, 06 Juli 2013

Botol kecap terbesar di dunia

Filled under:

Botol kecap sering kita jumpai sehari-hari, baik di rumah maupun di abang-abang tukang bakso. Umumnya kecap-kecap itu (kecap asin, manis, pedas, dll) dijual dalam botol plastik dan kaca.
Botol kecap plastik, ukuran ½ liter
(oden-houseware.com)


Tahukah Anda, kalau di dunia ini ada beberapa botol kecap dengan ukuran sangat besar??

1. Botol kecap di Ciloto, Puncak - Jawa Barat
Botol kecap ABC
(hiburan.kompasiana.com)



Botol kecap Sedaap

2. Di pasar baru Kranji, Bekasi Barat, juga terdapat patung botol kecap.. Tapi lupa merknya apa :D
Sori bro.. No pics :(

3. Ada juga botol kecap dari kayu, yang sifatnya aplikatif bisa digunakan untuk menyimpan sesuatu. 
Botol kayu
 
Atas bisa dibuka

Bawah bisa dibuka

5. Di luar negeri juga ada bro... Tepatnya di Collinsville, Illinois, Amerika Serikat. 
Patung botol kecap di Amerika
(woi-lepakdulu.blogspot.com)
Well, kalau ada info tambahan ogut update lagi tulisan ini. ^^"

Posted By syarief oden11.08

Jumat, 05 Juli 2013

Menghias Tempat Tissue Menjadi Kue Flannel

Filled under:

TEMPAT TISSUE sebagai media utama

Tisu (tissue) adalah kertas lembut, mudah menyerap, dan mudah dibuang, yang utamanya digunakan untuk wajah. Tisu biasanya dijual dalam bungkus berbentuk kotak, dan dirancang untuk memfasilitasi pembaungan ingus dari hidung. Tisu juga memiliki banyak kegunaan lain, misalnya digunakan sebagai lap pembersih. (id.wikipedia)

Tempat tissue merupakan tempat untuk menaruh tisu dan terdapat beragam bentuk dan bahannya, seperti dari kain, stainless, plastik, dll. Bentuknya pun beragam, ada bulat, kotak, oval, dll.
Dalam pembuatan "kue flannel", sebagai contoh, kita gunakan tempat tisu dengan bahan plastik. 

Proses pembuatan

Siapkan tempat tissue berbentuk kotak atau bulat sesuai selera,
 

Balut tempat tisu dengan kain flannel yang disukai, gunting seperlunya sesuai dengan kebutuhan. Rekatkan memakai lem dengan rapi
 

Jiplak bagian atasnya dan bentuk pola lelehan coklat lalu jahit feston dengan rapi, setelah itu tempelkan jahitannya ke bagian atas/tutup dengan lem
 
Lalu lubangi bagian atas kain flannel, sisakan sedikit untuk dilem lagi ke dalam agar rapi. 

Balut lagi bagian bawah tempat tisu memakai flannel dan lem dengan rapi. Tambahkan pita pada sambungan agar terlihat lebih bagus dan rapi :)

Langkah terakhir, tambahkan topping hiasan, seperti menghias kue sungguhan, dengan cara dilem. Topping tersedia beraneka model yang mirip betul dengan topping sungguhan.

Hasilnya.


Sumber (gambar dan artikel) : Sunflower
dengan sedikit ubahan

Posted By syarief oden09.14

Rabu, 03 Juli 2013

Transformasi alat-alat memasak masa kini

Filled under:

Dewasa ini tentu kita mengenal peralatan rumah tangga yang berbahan alumunium, stainless, plastik, teflon, nylon, dll. Tapi tahukah Anda, bahwa peralatan saat ini merupakan transformasi dari peralatan yang digunakan oleh nenek moyang kita?
Berikut ulasannya :

1. Irus atau Centong
Irus merupakan alat memasak dari daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Alat ini digunakan untuk mengaduk sayur-sayuran ketika memasak menggunakan panci. Irus biasanya terbuat dari batok kelapa, sedangkan gagangnya biasanya menggunakan kayu seperti kayu sonokeling atau kayu nangka.
Irus batok kelapa
(http://originaltraditional.blogspot.com)
Saat ini penggunaan irus sudah semakin jarang karena hadirnya produk-produk dari stainless dan alumunium. Masyarakat modern sudah mulai menggantikan irus batok kelapa dengan irus stainless/nylon dengan sebutan sendok soup.
Sendok soup
(http://oden-houseware.com)

2. Kendi atau Gogok
Kendi adalah tempat air seperti teko yang terbuat dari tanah liat. Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand dan Indonesia. Kendi memiliki 2 macam jenis yaitu polos dan bercorak. Kendi dimanfaatkan untuk minum dan upacara adat Jawa dan dikenal dengan sebutan gogok. Kendi ada yang dapat digunakan untuk memasak air secara langsung di atas kompor.
Kendi atau Gogok
(http://hanimalkamdotorg.wordpress.com)
Masyarakat saat ini, bahkan termasuk kita, mungkin ada yang tidak mengenal atau menggunakan perabot yang satu ini. Kita lebih akrab dengan teko, ketel (kettle), teko listrik, dsb. Bahkan ada juga teko yang dapat berbunyi jika air yang dimasak sudah mendidih. Ada juga teko listrik, yang menjadi salah satu ikon masyarakat urban.
Teko listrik
(http://oden-houseware.com)

3. Wajan cekung atau Kuali gerabah
Wajan cekung merupakan alat memasak dari Jawa Tengah dan sekitarnya yang terbuat dari tanah liat. Benda ini dibuat pada jaman sebelum ditemukannya alat memasak dari bahan logam. Biasanya alat ini digunakan untuk menggoreng makanan tradisional seperti gudeg, dll. Selain itu alat ini juga digunakan untuk memasak tanpa minyak goreng, yang disebut sebagai menggoreng sangan. Alat ini telah digunakan sejak zaman Kerajaan Majapahit.
Kuali tanah liat
(http://www.galerikerajinanindonesia.com)

Wajan penggorengan atau kuali saat ini berbahan dari alumunium, stainless, teflon, ceramic, dan yang paling baru adalah marble.
Chef wok teflon
(http://oden-houseware.com)


4. Cepon atau Bakul (Wakul)
Cepon bentuknya seperti kerucut terbalik tapi dengan alas datar, tidak lancip diameter kira-kira 30cm dan berguna sebagai wadah beras yang sudah bersih maupun yang sudah dibersihkan dalal proses memasak nasi dan juga sebagai wadah penyajian nasi yang sudah matang. Cepon yang ukurannya lebih besar disebut wakul. Umumnya terbuat dari bambu yang dianyam.
Wakul nasi
(http://prinxmas.jogjaplaza.com)
Bentuk wakul modern beragam, karena disesuaikan juga kepada kebutuhan masing-masing. Bahannya lebih populer yang berbahan stainless dan plastik.
Wakul nasi stainless
(http://www.blibli.com)


Rice bucket 33 lt
(http://oden-houseware.com)

5. Kukusan
Kukusan terbuat dari kulit bambu yang dianyam berbentuk kerucut lancip dan digunakan dengan cara terbalik. Kukusan digunakan untuk menanak nasi dan dipasangkan dengan dandang. Kukusan merupakan peralatan dapur tradisional yang sampai sekarang masih banyak kita temukan terutama di desa-desa. 
Kukusan bambu
(http://masterpieces.asemus.museum)
Kukusan stainless saat ini populer digunakan karena desainnya yang fleksibel dapat digunakan untuk panci-panci berukuran tertentu. 
Steamer stainless
(http://forums.equipped.org)

6. Kendhil
Kendhil merupakan alat tradisional dari daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Dipergunakan sebagai alat memasak beras dan air. Memasak dengan menggunakan kendhil biasanya menggunakan bahan bakar arang atau kayu bakar, jadi panas yang dihasilkan sifatnya tidak merata pada permukaan bidang dalam wadahnya namun menghasilkan nasi yang pulen dan lezat. Selain itu, kendhil juga dapat menjaga kualitas cita rasa masakan, contohnya gudeg dan nasi liwet.
Kendhil jawa
(http://www.tembi.net)
Kendhil pada masyarakat modern berupa panci yang disebut stockpot steamer yang berbahan stainless atau  alumunium dan rice cooker. 
Stockpot steamer
(http://oden-houseware.com)
Slow cooker
(http://oden-houseware.com)


Posted By syarief oden11.49