Selasa, 16 Juli 2013

Juicer Extractor si Pembuat Jus Tanpa Ampas

Filled under:

Juice extractor adalah merupakan alat rumah tangga yang digunakan sebagai penghancur atau penghalus buah dan sekaligus mengambil sarinya atau dalam bahasa asingnya ekstraknya. Alat ini juga dinamakan Juicer. Alat ini bekerja menggunakan motor listrik sebagai pemutar pisau yang berbentuk parut. Parutnya dari bahan logam keras dan anti karat (lebih dikenal sebagai stainless steel), dan berlobang di bagian tepinya sehingga dengan putaran yang sangat tinggi, air atau sari buahnya akan keluar.

Alat ini sangat baik sebagai penunjang kesehatan, misalnya untuk membuat ekstrak wortel, apel, dan sebagainya, sehingga kita tinggal meminum sarinya saja.

Juice ekstractor belum populer di pasaran karena disamping alat ini termasuk baru dan harganya masih cukup mahal.

Juice extractor CJ-388 Cosmos
(oden-houseware.com)

Setelah digunakan, parutnya harus dicuci dengan lap bersih yang dibasahi hingga bersih, kemudian dibersihkan dengan lap kering. Hal ini bertujuan agar pisaunya tidak mudah berkarat. Secara rutin setelah beberapa kali pemakaian atau dalam beberapa bulan sekali, bantalan as/porosnya juga harus dilumasi sehingga tetap licin. Karena bodinya dari plastik, maka penyimpanannya juga harus terhindar dari sinar matahari langsung agar warnanya tidak cepat pudar.

Dalam penggunaannya, buah yang akan diperas harus dicuci dulu dan dipotong sesuai ukuran lobang masuk pada juicer.

Daya listrik yang digunakan sangat bervariasi tergantung kebutuhan dan pabrik pembuatnya. Untuk ukuran kecil dayanya berkisar 250 watt hingga 500 watt. Motornya dilengkapi dengan overheat protector, sehingga jika motor menjadi terlalu panas karena pemakaian,  arus listriknya akan diputuskan secara otomatis oleh alat pengaman tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar