Rabu, 17 Juli 2013

Langkah Tepat Bersihkan Coffee Maker

Filled under:

Sumber : Okefood
Penulis : Dewi Yanti

Membersihkan coffee maker perlu berhati-hati karena bagian dalamnya, yang berkaitan langsung dengan mesin, tidak dapat dibersihkan. Bau tengik akibat sisa kopi dan endapan air dalam wadah harus dibersihkan minimal sebulan sekali.

Berikut langkah-langkah membersihkan coffee maker yang aman, seperti diulas Wikihow:

1. Buatlah campuran dari 1 bagian cuka putih dan 2 bagian air untuk mengisi wadah air. Jika dalam tiga tahun terakhir Anda belum pernah membersihkan coffee maker, maka gunakan cairan pembersih yang lebih kuat dengan mencampurkan setengah bagian air dan setengah bagian cuka.

Berikut beberapa alternatif campuran yang bisa digunakan untuk membersihkan coffee maker:

  • Larutkan 25 gr asam sitrat dalam 4 cangkir air panas, lalu tambahkan 4 cangkir air dingin sebagai cairan pembersih.
  • Cairan pembersih coffee maker yang dijual di toko.
  • Pemutih, ini hanya digunakan untuk teko coffee maker berbahan kaca. Ingat, jangan pernah mencampurkan pemutih dengan cuka atau bahan bersifat asam karena akan menimbulkan asap berbahaya.
  • Jangan gunakan baking soda dan air hangat, campuran ini dapat menyumbat dan merusakcoffee maker. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cuka putih untuk dialirkan dalam coffee makerdengan tingkat keberhasilan 75 %.

2. Pasang saringan dalam coffee maker Anda, seperti biasa. Lalu, Tuang campuran cairan pembersih ke coffee maker di bagian wadah pengisian air. Hidupkan coffee maker dan biarkan cairan pembersih mengalir hingga ke teko penampung air.

3. Lepaskan penyaring dan buang air campuran pembersih. Biarkan coffee maker selama 15 menit hingga dingin dalam keadaan mati. Bilas teko hingga bersih.

4. Ulangi semua hal di atas untuk kedua kalinya, tapi kali ini dengan air dingin biasa. Ini untuk memastikan bahwa semua larutan campuran cuka dan air benar-benar hilang. Untuk lebih pastinya, cium aroma coffee maker, baik teko maupun wadah pengisian air, setelah bilasan pertama. Jika bau cuka sudah tidak tercium, maka Anda tidak perlu lagi membilasnya lebih lanjut.

Peringatan!

- Jangan pernah mencuci teko coffee maker dengan sabun. Cairan sabun akan terikat dengan minyak yang tersisa dari kopi sehingga akan meninggalkan rasa tidak sedap saat Anda membuat kopi. Hal sama juga berlaku jika Anda menggunakan mesin cuci piring.

- Beberapa teko kopi terbuat dari kaca tahan panas yang lebih kuat daripada kaca biasa. Namun, kaca ini juga bisa pecah sehingga Anda perlu hati-hati merawatnya. Jangan pernah mengisi air panas lalu air dingin secara langsung.

COFFEE MAKER HD-7448 PHILIPS
(oden-houseware.com)

0 komentar:

Poskan Komentar