Jumat, 19 Juli 2013

Memperbaiki Regulator Kompor Gas

Filled under:

Kompor 2 tungku QGC-201 DMPB Quantum
(oden-houseware.com)

Sering kali kita merasa kesal ketika tabung gas kita mendadak kosong (habis). Kekesalan bisa timbul oleh beberapa hal antara lain, mungkin pas habis kompor gas sedang digunakan untuk menanak nasi, jadilah nasi setengah mateng (emangnya telur), mungkin juga pas gas habis uang belanja juga sudah mendahului habis he he emang ga pernah ada uang kali...., bahkan mungkin juga kita kesal jika gas habis ketika ganti tabung baru akan bocor. 

Nah jika alasan nomor tiga yang jadi masalah, berikut tip untuk menghindarinya.
  • Bukalah regulator dari kepala tabung dengan hati-hati (jangan buru-buru) karna jika terlalu cepat maka kerusakan pada sil regulator akan terjadi (sil = karet penahan gas yang terletak pada regulator).
  • Pastikan karet pada kepala tabung yang baru tidak rusak dan tidak longgar.
  • Pasang regulator ke kepala tabung gas yang baru secara perlahan untuk menghindari sil pada regulator tergores. 
Bagaimana jika cara diatas sudah dilakukan ternyata tabung masih bocor? Ada beberapa kemungkinan mengenai tabung baru yang dan bocor terus. disini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai hal terserbut, saya ambil satu saja kemungkinan penyebab bocornya gas pada tabung yang baru diganti yaitu rusaknya regulator. Regulator rusak sebaiknya jangan dibuang dulu, ada cara mudah untuk memperbaiki regulator kompor gas siapa tahu saja regulator kompor gas yang rusak tersebut masih bisa diperbaiki.
Regulator gas
(boilermuseum.net)

Cara memperbaiki regulator kompor gas.
  1. Buka kunci penahan anak regulator, biasanya kunci penahan berwarna merah, tarik dengan cara dicongkel menggunakan jarum atau sesuatu yang runcing dan kuat.
  2. Setelah kunci penahan tercabut tarik anak regulator.
  3. Pada anak regulator terdapat dua sil (sil depan dan sil belakang, kita lihat apakah sil-sil tersebut masih mulus kaya paha ABG hi hi ... atau sudah rusak(luka/gompel).
  4. Jika sil sudah rusak maka ganti sil dengan yang baru tapi jika masih mulus kita coba akalin dengan cara mengambilnya dulu dari anak regulator (congkel menggunakan jarum), kemudian pada tempat sil yang sudah diambil kita tambahi benang jahit (lingkarkan secukupnya), selanjutnya kita pasang kembali sil yang kita ambil tadi pada tempatnya (anak regulator).
  5. Sebelum dipasang kembali sil kita beri pelumas (bisa menggunaka stamplet/pelumas motor).
  6. Pasang kembali seperti semula.
Selamat mencoba! Info lebih lanjut hubungi kami (fb = Zulfa Maulana) / Mejagong Kompor Gas


Sumber: Mejagong
dengan editan seperlunya :)

0 komentar:

Poskan Komentar