Jumat, 26 Juli 2013

Tips Jitu Siapkan Api Panggangan

Filled under:

108CSR.com - Memanggang pasti sangat memerlukan api guna menghasilkan pembakaran, sebagian di antaran kita terbiasa memakai koran untuk membesarkan api di arang. Cara ini ternyata keliru.

Anda bisa memakai arang kayu, arang kelapa, bahkan gas untuk menghasilkan api. Sebagian orang percaya, untuk mendapatkan rasa yang nikmat, ada baiknya memakai arang.

magic roaster 34 cm makcook
(oden-houseware.com)


Berikut beberapa langkah menyiapkan alat panggangan, seperti dilansir Huffingtonpost:

Siapkan arang
Api sangat dibutuhkan dalam pemanggangan. Untuk menghasilkan pembakaran yang baik, gunakan batok kelapa, tapi jangan ditambahkan koran atau kertas lainnya saat membakar batok kelapa.

Biarkan batok kelapa atau arang kayu terbakar dengan sendirinya. Setelah 15-20 menit, api akan mereda dan bara akan muncul bewarna merah keabu-abuan.

Ketika mulai terbakar, barulah Anda tambahkan arang, kayu, atau batok kelapa agar apinya semakin membesar. Jika memiliki alat pengukur temperatur, pastikan suhunya 232-260 derajat Celsius. Jika kurang, tambahkan lagi kayunya.

Daging
Potongan daging untuk steak maupun unggas bisa Anda sesuaikan dengan selera. Taburi garam dan merica sebelum daging dipanggang. Jika ingin menghasilkan rasa lebih nikmat, olesi pula dengan minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon.

Jangan sering dibolak-balik
Taruh daging di bagian tengah alat panggangan agar terpanggang sempurna hingga mengeluarkan desisan yang berasal dari juicy-nya. Supaya cepat matang, Anda bisa menutup alat panggangan.

Tak perlu sering membolak-balik daging karena akan semakin lama matang. Gunakan alat penjepit daging saat membaliknya untuk menjaga higienitasnya. Biarkan daging termasak hingga menghasilkan warna kecokelatan dan sedikit karamel.

Periksa kadar kematangan
Untuk memeriksa kematangan, pakailah termometer khusus. Bila ingin menghasilkan daging medium-rare, suhu yang disarankan 54,4 derajat Celsius. Bisa pula disentuh dengan jari.

Jika daging yang dipanggang sudah sesuai dengan tingkat kematangan yang dikehendaki, angkat dan sajikan di wadah beralaskan kertas alumunium. Biarkan dahulu selama 10 menit baru disantap.


(ayb/int)

0 komentar:

Poskan Komentar