Sabtu, 24 Agustus 2013

Membersihkan Sodet dan Peralatan Dapur Lainnya

Filled under:

Sumber : About Houseware

Sering memasak Rendang atau masakan berbau santan lainnya? Atau masakan lain yang menyisakan noda/kerak di peralatan dapur Anda? Tentu susah menghilangkannya bukan?
Berikut ini tips-tips untuk membersihkan peralatan dapur, tak hanya sodet, juga peralatan dapur lainnya.
Set sodet isi 7 pcs
(oden-houseware.com)

Cara merawat sodet dan peralatan lain yang terbuat dari kayu agar tidak berbau dan berjamur :
1. Rendam selama 1 malam penuh peralatan tersebut ke dalam air yang telah diberi cuka. Cuci dengan air bersih lalu keringkan.
2. Oleskan beberapa tetes minyak sayur pada permukaan alat dapur, gosok dengan spon, cuci menggunakan sabun, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

Cara merawat sodet dan peralatan lain yang terbuat dari stainless/alumunium yang berkerak atau amis dan sulit dibersihkan :
Masukkan peralatan tersebut ke dalam rebusan air panas yang telah ditambahkan 1 sendok teh baking soda
Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan lagi dengan spons kawat.
Bila lemak atau bau amis masih menempel, gosoklah peralatan makan tersebut dengan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10-15 menit. Lalu cuci bersih menggunakan sabun.

Tambahan :
Setelah selesai mencuci piring, jangan biarkan spons cuci yang sudah digunakan terendam dalam larutan sabun cuci dalam waktu yang lama, karena bakteri dari sisa makanan bebas berkembang biak. Keringkan dan cuci bersih spons setelah dipakai.

Untuk menghilangkan bau apek dari toples yang lama tidak terpakai, bakarlah beberapa lembar kertas, lalu masukkan abunya yang sudah dingin ke dalam toples. Tutuplah toples selama sekitar 5 menit, lalu cuci, bersihkan dan keringkan dengan cara dijemur.


Semangat berbagi! (^_^

0 komentar:

Poskan Komentar