Kamis, 22 Agustus 2013

Fungsi Rice Cooker Selain Memasak Nasi

Filled under:

Rice cooker pada dasarnya berfungsi sebagai alat memasak nasi dan menghangatkan makanan. Ternyata, ada fungsi lain yang jarang orang mengetahuinya. Apakah itu? Simaklah artikel berikut yang saya ambil dari Kompasianacom

------
Rice cooker
(oden-houseware.com)

Penulis : Dian Equanti

Tips ini saya dapat dari penjual soto langganan. Pasangan suami istri muda ini baru setahun membuka usaha di pinggir Jalan Kapten Mulyadi Solo.

Percakapan antara pedagang dan pembeli langganan biasanya dimulai dengan perkenalan. Lalu dimulailah obrolan tentang pemasak nasi itu.

"Di kos nggak pernah masak Mbak?", tanya Mbak Yuni

"Nggak, Mbak. Dapurnya numpang ma yang punya kos. Nggak enak."

"Pake rice cooker dong, Mbak.. Kan tinggal colok aja."

"Malas masaknya, Mbak Yuni. Beli berasnya dulu...airnya mesti pake air galon juga. Air ledeng gak bagus. (Ya’ saya.. terus aja cari alasan.)"

"Saya dulu merantau, Mbak Dian. Di Jakarta, Bogor juga pernah. Di Jakarta gak betah, harga-harga makanan mahal, gaji kecil. Nyoba ke Bogor. Nungguin villa. Di Gunung Salak...itu yang kemarin pesawat jatuh."

“Wah.. merinding ya Mbak, pas liat TV”.

“Iya, kan rasanya.. wah, saya pernah di situ dulu..”

Mbak Yuni terus bercerita kisah hidupnya selama merantau, “Di Bogor sama aja, makanan kan sama harganya kayak Jakarta. Gaji cuma 500 ribu. Buat rumah tangga, 500 ribu buat apa? Memang si beras dikasih. Tapi masa’ kita kerja cuma buat makan terus.”

“Hahaha…iya ya.. Bener Mbak Yuni. Kerja kok buat makan aja ya.. Kan pengennya kita pengennya kerja bisa nabung juga, “ tambah saya.

“Kalau saya kayak mbak merantau sendiri, makan bisa seadanya aja. Kalau dengan keluarga kan gak bisa gitu. Saya, suami dengan anak. Ya gitu, masak segala macam pake rice cooker. Masak nasi, goreng telur..”

“Hahaha… baru denger Mbak. Emang bisa goreng telur pake rice cooker?”

“Bisa. Mau masak mie instan juga tinggal masukin aja mie nya di rice cooker. Masak sop tinggal cemplungin aja semua. Goreng kerupuk juga bisa. Kalau mau goreng kerupuk minyaknya yang banyak..” (Udah mirip sales rice cooker.. Hehe)

“Ooh hahaha… ada-ada aja ni Mbak Yuni.. Gimana caranya?,” tanya saya penasaran mirip prospek pembeli mulai terpengaruh.

“Kan kalau sudah masak, pengatur cook-nya turun (tanda lampu berubah menjadi warm), nah itu diganjal pake kertas biar gak turun”

“Oo.. gitu. Lucu juga bisa segala macem ternyata ya rice cooker itu. Boleh juga ntar dicoba.” (… kalau nyoba di rumah siap-siap diomelin Ibu hehe).

“Gak enak mbak kerja ikut orang itu. Ya udah, saya pulang buka warung. Tadinya jual mie ayam. Laris si, tapi kok banyak yang tanya nasi. Akhirnya saya jualan nasi deh ma soto. Ni resep mertua saya dari Jawa Timur. Kebanyakan soto yang lain kan bening dan kurang berasa bumbunya, saya juga gak suka soto kayak gitu mbak. Punya saya kan beda”.  Ni mbak tetap aja promosi, meskipun itu memang alasan saya selalu kembali.

Berhubung soto dan mendoan sudah ludes disantap, obrolan kami akhiri, tak lupa membayar. Sambil tersenyum saya mengingat tips fungsi rice cooker tadi.

0 komentar:

Poskan Komentar