Sabtu, 03 Agustus 2013

Rak Piring Sesuai Selera

Filled under:

Membuat sendiri sebuah rak piring gantung dapur yang artistik sekaligus aplikatif tentunya tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Di mana rak piring digunakan untuk tempat menyimpan alat masak dan alat makan dan minum, seperti : sendok, garpu, piring, gelas, mangkuk, cangkir, wajan, panci, dan sebagainya.

Tentunya yang dibayangkan adalah, begitu selesai dicuci, alat-alat tersebut dapat dengan mudah langsung disimpan dalam lemari penyimpanan dalam keadaan basah tanpa membasahi lemari. Rak piring tersebut dikenal sebagai rak piring gantung/rak gantung. Kita dapat membuatnya dengan merangkai papan-papan kayujati tebal 1–3 cm dengan panjang <80 cm.

Di toko besi dan bangunan  banyak dijual rangkaian batang besi yang dicat warna putih untuk menyimpan piring dan peralatan dapur. Saat ini banyak pula pengrajin alumunium dan sejenisnya yang menyediakan jasa membuat rak piring dan memasangnya di rumah Anda, jika Anda tidak ada waktu untuk membuat rak sendiri. Rangkaian batang besi rak piring ini dibuat agar dapat menempel di dinding (menggantung). Agar rak piring ini dapat tergantung di dinding, dibuatlah konstruksi penyangga rak piring yang ditempelkan di dinding dengan bantuan sekerup dan fisher.

Beban yang akan diterima konstruksi penyangga rak piring ini akan cukup berat, karenanya komponen-komponen konstrusi harus tergabung (compact) satu sama lain dengan cukup kuat, disamping material konstruksinya pun harus cukup kuat.


Rak piring yang sudah tergantung di dinding ini dibuat tertutup pada bagian samping dan atas, sedangkan bagian bawah dibiarkan terbuka agar tetesan air dari piring, sendok, dll, yang baru dicuci dapat menetes ke bawah. Bagian depan dibuatkan pintu lipat agar dengan mudah mengambil dan menyimpan alat-alat tersebut.

Selain dapur Anda akan terlihat elegan dan nyaman (karena rak piring sesuai dengan keinginan Anda), pembuatan rak piring gantung memerlukan waktu baik dalam pembuatan dan juga pemasangannya.

Jika Anda lebih suka dengan rak piring yang praktis, rak piring plastik bisa menjadi pilihan. Rak piring ini sudah didesain sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan mudah. Namun rak jenis ini memiliki kekurangan, yakni ukurannya yang sudah standar dari pabrik yang mungkin tidak cukup untuk menampung seluruh alat Anda di rumah. 

Rak piring Rovega
(oden-houseware.com)
Rak piring Nagata
(oden-houseware.com)

0 komentar:

Poskan Komentar