Senin, 29 Juli 2013

Memilih Alat Penggorengan

Filled under:

Alat untuk menggoreng yang biasa disebut wajan atau kuali terdiri dari bermacam jenis, bentuk umumnya bulat cekung dan mempunyai dua kuping pegangan di pinggirannya. Ukurannya bermacam-macam, mulai garis tengah 10cm sampai 100cm. Bahannya juga bermacam-macam. Sebelum ke toko membelinya, mari kita kenali dulu beberapa jenis penggorengan di bawah ini.

  • Wajan dari besi, warnanya hitam, kuat dan berat. Wajan ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Karena ia terbuat dari besi, maka seringkali cepat berkarat jika tidak dirawat dengan tepat. Biasanya lengket jika dipakai menggoreng ikan.
  • Wajan dari besi berlapis email. Wajan jenis ini baik digunakan untuk menggoreng ikan. Lapisan email membuat wajan ini mudah dibersihkan. Tapi lapisannya tidak larut dalam masakan. Hanya bila dipakai pada masakan tertentu akan lengket dan gosong.
  • Wajan aluminum, warnanya putih karena terbuat dari aluminium. Kita harus memilih wajan yang lebih tebal supaya lebih tahan lama dan lebih cepat panas. Tidak baik untuk memasak makanan yang mengandung asam karena aluminium akan larut dalam asam yang dipanaskan. Cara membersihkannya dengan sabun atau abu gosok, sambil ditekan kuat menggunakan serabut baja (steel wool).
Kuali alumunium
(oden-houseware.com)
  • Gerabah (wajan dari tanah liat), tidak dianjurkan menggoreng dengan minyak di wajan jenis ini. Sebaiknya digunakan untuk menyangrai atau memasak.
  • Besi antikarat (stainles steel) wajan ini bentuknya ada yang seperti panci, biasanya digunakan untuk menggoreng kentang atau masakan yang berlapis tepung. Berhati-hatilah memakai wajan ini karena mudah mengalirkan panas dan masakan mudah gosong dan sering lengket.
    Wajan besi/stailess steel
    (oden-houseware.com)

  • Besi lapis teflon, wajan ini aman dipakai selama lapisan teflonnya masih melekat. Gunakan sendok yang tidak menggores melukai lapisan teflon, sebab bisa sudah tergores lapisan selanjutnya mudah lepas/larut pada masakan. Untuk mencucinya pakailah karet busa atau bahan yang halus.
Wajan berlapis teflon
(oden-houseware.com)


Sumber : Dian Rakyat

0 komentar:

Poskan Komentar