Senin, 19 Agustus 2013

Merawat Mixer

Filled under:

Mixer adalah alat elektronik yang digunakan untuk mengaduk bahan makanan di dalam mangkok. Alat pengaduk dijalankan oleh motor universal melalui transmisi roda gigi. Mixer mempunyai beberapa kecepatan yang dapat diatur, seperti : kecepatan rendah, sedang dan tinggi, melalui saklar pengatur yang berfungsi sebagai pengatur tegangan yang masuk pada motor.

Hand Mixer
(oden-houseware.com)

Motor
Kerusakan pada motor mixer ini dapat disebabkan karena :

  1. Tegangan yang dipakai tidak sesuai dengan tegangan kerja peralatan, sehingga motor kemungkinan akan terbakar
  2. Adanya bagian yang hubung-singkat pada lilitan motor
  3. Terjadi keausan pada sikat motor, yang dapat menimbulkan percikan bunga api

Gantilah sikat arang/gear yang baru sesuai dengan ukuran dan tipe yang aslinya.

Roda Gigi
Roda gigi terletak di atas pengaduk dan ditahan oleh klem plat. Untuk melepas roda gigi, harus membuka bautnya terlebih dahulu. Roda gigi harus sering diperiksa apakah aus atau giginya ada yang patah. Gigi yang patah dapat menyebabkan suara yang keras atau dapat menyebabkan pengaduk berhenti berputar. Bila giginya telah aus gantilah kedua roda gigi tersebut dengan yang baru dengan memberi silicon sebelum memasang kembali. Roda gigi harus ditandai dengan titik atau tanda panah agar dapat menempatkan kembali dengan benar. Jika roda gigi telah terpasang, putar poros motor dengan tangan sampai roda gigi berputar dengan halus dan arah yang benar.

Pengaduk
Pengaduk dapat berputar karena diputar oleh motor. Bila pengaduk bengkok atau rusak maka tidak dapat direparasi. Jalan keluarnya adalah mengganti dengan yang baru yang sesuai tipenya.

Kipas
Kipas dipasang dekat motor, bila mixer bersuara keras atau bergetar berlebihan, maka baling-baling kipas kemungkinan bengkok. Luruskan kembali seperti semula dengan tang. Jika pembengkokan tidak memungkinkan atau beberapa baling-baling telah bengkok, maka lebih baik diganti dengan yang baru yang cocok dengannya. Kipas ditempatkan pada posisinya oleh klem penjepit di atas poros. Buka sekrup klem penjepit untuk melepas kipas.

Sakelar
Sakelar terletak di atas rumah mixer. Bila motor tidak berputar dan permasalahan tidak terjadi pada kabel penghubung maka kemungkinan kerusakan terjadi pada sakelar. Kekurangan tenaga pada saat mixer berputar dengan kecepatan rendah, juga dapat menyebabkan kerusakan pada sakelar. Periksalah sambungan-sambungan sakelar apakah tersambung dengan kuat dan kontak-kontaknya bersih. Jika kontak kotor atau korosi, gosoklah dengan ampelas halus, lalu dengan kain lunak. Kencangkan baut pada terminal.

Kabel Penghubung
Kerusakan kabel penghubung, hal ini disebabkan karena kelalaian dalam pemakaian dan perawatan. Periksa apakah kabel tersebut putus atau tidak dengan ohm meter (AVO meter) dan periksa apakah ada isolasi kabel yang terkelupas. Bila putus atau rusak, sebaiknya ganti dengan kabel penghubung yang baru.

Perawatan Mixer

Sebelum melakukan sesuatu terhadap mixer, lepaskan stop kontak dari sumber tegangan untuk menghindari keseterum listrik. Perawatan terhadap mixer dengan jalan membersihkan dan melumasi komponen-komponennya yaitu :

Pelumasan motor
Mixer mempunyai lubang minyak di atas motor. Lumasi masing-masing lubang dengan 2 atau 3 tetes minyak setiap 2 atau 3 bulan, atau lebih jika mixer sering digunakan.

Pembersihan sisa makanan yang menempel pada mixer
Bersihkan sisa-sisa bahan makanan yang menempel pada motor dengan kain lunak. Jangan menggunakan kertas penggosokan atau ampelas.

Pembersihan bantalan-bantalan
Setiap tahun sekali, bersihkan dan lumasi bantalan-bantalan tersebut dengan minyak mesin jahit.

Pembersihan roda gigi
Setiap 12-18 bulan, bukalah plat penjepit roda gigi dan bersihkan roda gigi tersebut. Kemudian lumasi dengan pelumas silikon.

Sumber : http://abumaimunah.wordpress.com/

0 komentar:

Poskan Komentar